Selasa, 24 Januari 2017

Tiga Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan


Cara mencairkan  JHT BPJS Ketenaga kerjaan.

Apakah anda sedang mencari tau panduan tentang bagaimana cara mencairkan dana JAMSOSTEK atau sekarang di kenal dengan Jaminan Hari Tua (JHT) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan…?  Oke kali ini saya akan coba memberi tahu tahap tahapnya.

Untuk saat ini pemerintah telah memberlakukan peraturan baru, yaitu pekerja yang sudah resign, bisa dapat mencairkan dana BPJS nya dengan segera paling cepat satu bulan setelah pekerja sudah tidak bekerja lagi di tempat dia bekerja.  Menurut saya ini adalah kesempatan yang sangat bagus bagi kita untuk segera mencairkanya. Kenapa..? Karena peraturan pemerintah berubah – ubah, seperti dulu kita boleh mencairkan dana BPJS kita kalau sudah lima tahun resign dari perusahaan tempat kita bekerja.
Nah karena peraturan baru itu maka pekerja yang sudah resign diatas satu bulan banyak yang langsung mencairkann dana mereka sehingga mereka harus antri yang sangat panjang, bahkan kita harus menunggu antrian dari subuh.


Sebelum ada Peraturan Pemerintah No. 60/2015 yang baru ini pekerja yang melakukan proses claim BPJS sekitar 80.000 orang, akan tetapi setelah peraturan baru ini di berlakukan pekerja yang melakukan proses claim bias mencapai 250.000 orang. Luar biasa bukan..?

Nah langsung aja kita cari tahu bagaimana cara mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan.
Ada beberapa cara supaya kita dapat mencair kan dana BPJS Ketenagakerjaan kita :

Pertama secara manual atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh orang karena berbagai alasan mungkin mereka tidak tahu cara lain atau karena mereka gaptek dan menganggap ribet dengan cara online. Pencairan juga bisa dilakukan di seluruh cabang yang ada di Indonesia, jadi tidak harus di daerah tempat dia bekerja sebelumnya.
Berhubung pencairan dana JHT tidak bisa diwakilkan, maka anda harus datang sendiri ke kantor BPJS Ketenegakerjaan untuk mencairkan Dana JHT anda. Sebelumnya lengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.
  1. Isi Formulir pencairan dana JHT yang telah disediakan petugas BPJS Ketenagakerjaan, dan menyerahkan Syarat yang telah anda siapkan sebelumnya.
  2. Kartu Jamsostek asil.
  3. KTP asli dan foto copy 
  4. Kartu KK asli dan foto copy.
  5. Buku Tabungan asli dan foto copy.
  6. Serta Surat Pengalaman Kerja Surat Resign) dari perusahaan lama asli dan foto copy.

Cara Mencairkan BPJS

      Setelah Formulir diisi dengan lengkap dan Berkas persyaratan telah terpenuhi semua, maka masukan kedalam sebuah map yang telah diberikan oleh Petugas bersamaan dengan formulir pencairan dana JHT. Selanjutnya anda pergi ke Loket pemeriksaan kelengkapan dokumen untuk dilakukan verifikasi data-data selama kurang lebih 5 menit. Selanjutnya berkas yang telah diverifikasi dibwa ke petugas dan minta nomor antrian pada penjaga setempat di loket pelayanan pencairan. Setelah berkas dan dan data-data yang telah diberikan kepada petugas dinyatakan lulus verifikasi , maka anda bisa langsung menerima pembayaran dana JHT yang menjadi hak anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau anda bisa menunggu pencairan dana JHT anda yang akan di transfer ke rekening anda kurang lebih satu minggu setelah melakukan claim. Tergantung daerah masing – masing tapi kebanyakan menunggu beberapa hari.

Kedua yaitu secara online menggunakan E-klaim BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini adalah cara bagi mereka yang tidak mau antri ( tapi tetap antri saat verifikasi berkas hehe…) walaupun gak sebanyak yang manual.
Persyaratan yang harus ada :
  1.  KTP (Kartu Tanda Penduduk) Asli & Foto copy
  2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek Asli & Foto copy
  3. KK (Kartu Keluarga) Asli & Foto copy
  4. Surat Referensi/Pakelaring dari Perusahaan Asli & Foto copy
  5. Buku Tabungan Asli & Foto copy

Cara Mencairkan BPJS Online

Ketentuan lain :

  • Semua dokumen yang asli di scan untuk di upload saat pengisian pendaftaran online.
  • Sudah menggunakan E-KTP karena menggunakan system online.
  • Sudah resign dengan masa tunggu satu bulan.
Bagaimana tahapan-tahapan dalam sistem online…?
  1. Silakan anda masuk dulu ke website BPJS Ketenagakerjaan https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs dalam tahap ini anda harus mendaftar lebih dahulu, masuk dan ikuti prosesnya.
  2. Masukan code verifikasi yang telah dikirim dari email BPJS ke email anda.
  3. Kemudian ikuti langkah selanjutnya dan isi data anda serta upload dokumen yang sudah anda scan (file minimal 100 kb dan maksimal 1,6 MB dengan ext. JPG atau PDF) lalu tekan simpan.
  4. Cek email anda dari BPJS tentang berhasil atau tidak dokumen yang anda upload.
  5. Tunggu email selanjutnya (biasanya 1 hari kerja) tentang panggilan penyerahan dokumen ke kantor BPJS yang anda pilih.
  6. Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang telah anda pilih tadi, serahkan dokumen, dan isi formulir tambahan (surat pernyataan bahwa telah berhenti bekerja) bawa materai 6000.
  7. Setelah pemeriksaan dokumen dan foto tinggal menunggu transfer ( tunggu 1hari kerja sampai 1 minggu).


Ketiga  yaitu Service Point Office (SPO)

Merupakan cara lain untuk mencairkan dana anda yang di sediakn oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui bank yang sudah kerja sama dengan BPJS. Untuk saat ini bank – bank yang sudah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan diantaranya Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Jabar Banten (BJB).

Namun harus diingat tidak semua cabang dari keempat bank tempat pencairan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan itu melayani pencairan JHT. Untuk itu sebaiknya tanyakan dulu ke call center masing-masing bank, cabang mana yang melayani pencairan JHT yang terdekat dari tempat tinggal anda.

Perlu diingat dalam mencairkan dana BPJS Ketenaga kerjaan, tidak boleh diwakilkan orang lain, maka anda harus mengurusnya sendiri, kecuali pemegang kartu BPJS tersebut samasekali tidak bisa mengurusnya mungkin karena sakit parah atau sudah meninggal.

Demikian tiga cara agar anda bisa mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, semoga bermanfaat.



1 komentar:

  1. How to Bet Baccarat in Vegas - UrbanGuide
    It's one of the easiest and easiest casino bets งานออนไลน์ to 바카라 place in Vegas. The 바카라 player who wins is the first to place a bet on a game by

    BalasHapus