Minggu, 29 Januari 2017

Cara Melunasi KPR Rumah BTN


Cara Melunasi KPR Rumah BTN



Rumah menurut Wikipedia adalah salah satu bangunan yang di jadikan  tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Rumah merupakan bangunan untuk istirahat, tempat berkumpul dan berguna untuk melindungi penghuninya dari cuaca atau pun dari bahaya lainya.
Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Melunasi KPR Rumah BTN. Kebetulan ini adalah pengalaman saya sendiri, jadi saya akan membahas sesuai apa yang saya alami. Saya adalah salah satu pengguna KPR Bank BTN yang mana saya merupakan orang yang ke dua (Oper Kredit) karena waktu itu saya berpikir kalau ambil perumahan sendiri itu sangat ribret, harus wawancara, melengkapi berkas -  berkas dan lain-lain, kemudian alasan yang ke dua adalah kalau ambil perumahan baru pasti DP dan cicilan lebih tinggi kemudian waktunya juga lebih lama.


Karena saya bukan orang pertama jadi saya bahas Cara Melunasi Rumah BTN Oper Kredit . Waktu itu saya pergi ke kantor cabang Bank BTN terdekat menanyakan bagaimana cara melunasi  rumah BTN yang oper kredit, ternyata disitu gak bisa dan harus ke Bank BTN pusat yang di Harmoni. Kemudian saya Tanya persyaratanya apa saja kepada security, dia bilang “ Persyaratanya yaitu KTP asli dan foto copy, buku tabungan Bank BTN dan ATM nya, surat kuasa (karena saya oper kredit), materai 6000 dan jadwal untuk pelunasan di Bank BTN adalah tiap tanggal 9 sampai tanggal 25 setiap bulannya.”

  1.  Siapkan dulu berkas dokumen : (  KTP Asli dan Foto Copy,  Buku Tabungan Bank BTN dan ATM, Surat Kuasa dari Notaris, Materai 6000 )
  2. Datang ke Bank BTN Pusat yang di Harmoni
  3. Tanya ke security kalau mau melunasi rumah BTN, nanti akan di tunjukan arahnya.
  4. Karena tempatnya saat itu ada di lantai 3 jadi saya ke sana, tapi harus lapor dulu ke security lagi dan meninggalkan kartu identitas kita ( jangan KTP ya karena buat persyaratan pelunasan) boleh pake SIM, nanti akan di beri kartu pengunjung yang berguna untuk masuk dan keluar dengan cara di tempelkan seperti kita mau naik kereta atau bus way.
  5. Ambil kartu antrian dan tunggu sampai nomor antrian kita di panggil
  6. Setelah di panggil dari pihak bank akan cek data – data orang pertama dan berapa tagihan yang harus di bayar.
  7. Pihak bank mengecek dokumen yang telah kita siapkan termasuk tabungan dan jumlah uang yang ada di tabungan kita.
  8. Pihak bank akan membuatkan surat pelunasan yang isinya berapa jumlah tagihan yang harus di lunasi dan kita di minta menandatanganinya di atas materai.
  9. Bawa surat pelunasan tersebut ke teller dan membayar sisa tunggakan yang akan kita lunasi.
  10. Kalu kita sudah melunasinya, maka kita boleh mengambil sertifikat rumah kita, paling cepat satu hari setelah pelunasan.

Cara Melunasi KPR Rumah BTN


  1.  Siapkan persyaratanya : (  KTP Asli dan Foto Copy, Surat Kuasa, Pastikan nomer telephone notaris selalu aktif karena akan di hubungi oleh BTN, Bukti surat pelunasan asli )
  2. Datang ke kantor Bank BTN pusat
  3. Lapor ke security kalau mau mengambil berkas sertifikat rumah.
  4. Ambil kartu antrian dan tunggu di panggil.
  5. Setelah di panggil berikan persyaratan yang tadi ke petugas bank.
  6. Tunggu kurang lebih dua jam untuk proses penarikan berkas.
  7. Setelah di panggil kembali kita di minta untuk tanda tangan kalau sertifikat sudah kita ambil.
  8. Periksa dan cocokan dulu berkas yang kita ambil.
  9. Tanyakan bila berkas anda ada yang kurang, karena beberapa kasus sertifikat (TANDA BUKTI HAK) belum terbit, bila itu terjadi pihak bank akan memberitahukan anda untuk kembali datang atau menelpone anda kembali bila sudah ada.


Demikian Cara Melunasi KPR Rumah BTN dan Cara Pengambilan Sertifikat Rumah, semoga bermanfaat terima kasih.

2 komentar:

  1. ijin bertanya pak, berarti untuk dokumen yang harus di bawa cuman itu yang diatas ya. surat nikah tidak perlu kah ?

    BalasHapus
  2. Berapa biaya pinalti jika kita melunasi kpr

    BalasHapus